skip to Main Content

? Ayo Sekolah… YAYASAN SOPOSURUNG BALIGE

Berawal dari kerinduan untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara melalui bidang pendidikan di Indonesia, khususnya di kawasan Tapanuli – Sumatera Utara maka atas prakarsa Bapak TB Silalahi dan rekan-rekannya mendirikan Asrama Yayasan Soposurung Balige. Sejak didirikan pada tahun 1992 Yayasan Soposurung telah menetapkan tujuan utamanya yakni ikut serta berperan dalam dunia pendidikan Indonesia karena dunia pendidikan adalah jalan untuk menetapkan cita-cita, membina anak-anak bangsa yang cerdas, berkarakter kuat sehingga memiliki daya saing tinggi di masa depan.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya daya saing kaum muda di Bonapasogit (kampung halaman) hanya dapat tercapai bila ada sarana pendidikan yang mampu menjadi wadah pembentukan siswa/i berkarakter unggul, baik dalam akademis maupun kepribadian.
Seiring dengan dinamika perkembangan zaman, Asrama Yayasan Soposurung Balige diharapkan bisa menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi secara global, tanpa menghilangkan nilai-nilai yang menjadi ciri khasnya. Sejalan dengan itu, sudah saatnya dilakukan beberapa penyesuaian dan perubahan menyongsong paradigma yang baru : Pendidikan sebagai alternatif solusi bagi orangtua yang memiliki anak yang cerdas untuk mendapatkan pembinaan dan pengajaran yang baik dalam lingkungan sosial terpelajar yang terkontrol, jauh dari gangguan dan pengaruh penyakit sosial remaja dewasa ini. Dengan demikian anak-anak ini nantinya diharapkan menjadi anak-anak yang unggul dalam karakter dan cerdas dalam akademik yang terangkum dalam pembinaan intelijensi, emosi, dan spiritual, memiliki kesetiakawanan yang tinggi, disiplin yang tinggi, berani dan mampu bekerjasama.
Kini Asrama Yayasan Soposurung Balige telah meluluskan lebih kurang 1260 (seribu dua ratus enam puluh) alumni dan masuk ke berbagai Perguruan Tinggi Negeri favorit, seperti: ITB, UI, UNPAD, UGM, UNDIP, USU, ITS serta Akademi/Perguruan Tinggi Kedinasan. Selain Perguruan Tinggi Favorit dalam Negeri, banyak alumni yang juga bersekolah di luar negeri, seperti: Purdue University (Amerika Serikat), University of Sorbonne (Prancis), Australian National University, University of Wollongong New South Wales (Australia), Japan Student Services Organization (JASSO) Tokyo, TU Delft (Belanda), National Taiwan University of Science and Technology, dll.
Alumni-alumni tersebut saat ini telah tersebar di berbagai wilayah dan memasuki dunia pekerjaan dengan menggeluti berbagai bidang seperti pemerintahan (PNS) termasuk di berbagai departemen, Kejaksaan, Kepolisian, Pengusaha, dll.
Prestasi yang telah diraih oleh para alumni Asrama Yayasan Soposurung Balige secara nyata telah berkontribusi langsung baik melalui keluarga, kampung halaman/daerah dan hal tersebut menjadi inspirasi bagi generasi muda saat ini. Semoga visi besar Asrama Yayasan Soposurung Balige ini berjalan terus dan bisa dinikmati oleh segenap lapisan masyarakat.
Tuhan memberkati.

Sumber : Mekar Sinurat – Yayasan Soposurung Balige

Back To Top
×Close search
Search