Karnaval

Ribuan Penonton Nikmati Karnaval Pesona Danau Toba 2017

Event tahunan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 dari tanggal 9-10 September 2017 di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Sukses dengan dinikmati ribuan wisatawan dalam dan luar negeri yang hampir memenuhi rute karnaval sepanjang 2,7 Km dari Soposurung dan finish di Pasar Tradisional Balerong Balige.

Ada parade budaya dari 69 kontingan yang berasal dari 9 Kabupaten di Sumatera Utara, mulai dari Alat musik tiup  marching band, becak hias, 11 komunitas masyarakat,16 kecamatan , 80 orang peserta seruling, 300 pembawa tandok atau panghunti tandok yang semuanya berjumlah 2.227 orang peserta yang sukses tampil dengan optimal.

Ditambah lagi kesuksesan karnaval ini yaitu dengan hadirnya dua menteri sekaligus yaitu Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan serta sejumlah kepala daerah yang mengitari Danau Toba.

Sebelum memulai karnaval, terlebih dahulu Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan diberikan kain ulos serta seperangkat alat berupa tongkat yang kemudian dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya dan tarian lima daerah.

Dalam sambutannya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan, “Presiden meminta supaya acara seperti ini untuk dibuat lebih banyak agar menarik wisatawan dan budaya Indonesia kian dikenal, ajang ini bisa dilakukan dengan berpindah tempat tapi tujuan adalah membangun budaya agar budaya jangan hilang karena modernisasi”.

geeee

Dirinya meminta kepada seluruh wilayah yang disekitar Danau Toba agar memiliki kekompakan dan  jangan saling menyalahkan sehingga bisa membangun Indonesia dengan mudah.

“Pemda dengan gereja dan adat tidak boleh bersinggungan melainkan harus saling bergandengan tangan untuk memperkuat kesatuan dan persatuan Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta agar Danau Toba harus menjadi destinasi wisata kelas dunia dengan  memperhatikan 3A yaitu Atraksi, Akses dan Amenitas.

“Untuk yang namanya Atraksi di seputaran Danau Toba sudah sangatlah banyak. Kemudian untuk Akses pada tahun ini bandara Silangit akan menjadi bandara internasional.Tinggal untuk Amenitas-nya yang telah disiapkan lahan seluas 602 hektar berlokasi di Sibisa, Kabupaten Toba Samosir, untuk nantinya dikembangkan menjadi integrated resort seperti di Nusa Dua, Bali, ” jelas Arief Yahya. [McL/011]

 

Source : wisatabloid.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search