Virtual

Menjelajahi Danau Toba Kini Bisa Dilakukan secara Virtual

Mau berwisata ke Danau Toba tapi belum kesampaian? Setidaknya sekarang bisa kamu menjelajahi keindahan Danau Toba secara virtual lewat Google Street View.
Google Street View sejatinya sudah sering menjadi layanan yang digunakan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata secara virtual. Danau Toba baru saja menjadi tambahannya.
Danau Toba menjadi destinasi wisata teranyar yang hadir di Google Street View. Di Indonesia, sebelumnya sudah ada pula sejumlah destinasi wisata lainnya seperti Candi Borobudur, Pulau Komodo, dan Raja Ampat.
Hal itu terwujud berkat kerjasama Google dengan Kementerian Pariwisata, dengan tujuan meningkatkan promosi destinasi wisata di Indonesia. Danau Toba terpilih karena statusnya sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia.
Untuk bisa menampilkan keindahan Danau Toba secara virtual, digunakan kamera khusus yang disebut Google Trekker. Alat ini mengadopsi sistem Street View yang menggunakan 15 lensa kamera dan dapat mengambil tampilan panorama 360 derajat.

Menjelajahi Danau Toba Kini Bisa Dilakukan secara Virtual
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Agar keindahan Danau Toba bisa terdokumentasi sepenuhnya, alat Google Trekker dipasang pada moda transportasi air berupa perahu.
“Dengan Trekker ini, yang sudah diletakkan di atas perahu tradisional, di sini kami bisa mengambil gambar seluruh perairan Danau Toba dan Pulau Samosir,” kata Head of Communications Google Indonesia Jason Tedjasukmana saat peluncuran Danau Toba di Google Street View di Hotel Niagara, Parapat, Selasa (25/9/2018).

Menjelajahi Danau Toba Kini Bisa Dilakukan secara Virtual
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

 

Pengambilan gambar dilakukan selama delapan hari, mulai dari 30 Juli hingga 7 Agustus 2018. Dalam proses pengumpulan gambar, Google Trekker menjelajahi kurang-lebih 360 km pesisir Danau Toba dan pesisir Pulau Samosir.
Selain menjelajahi jengkal demi jengkal panorama di Danau Toba dan Pulau Samosir secara virtual lewat Google Street View, para pengguna juga dapat menikmati keindahan destinasi wisata lainnya di area ini seperti Batu Gantung Parapat dan Air Terjun Situmurun.

 

Sumber : https://inet.detik.com

Search