20171207071020 Bad

Lanjutkan Kesuksesan Pertama, Batak Fiesta II Digelar di Medan, Tobasa, Simalungun

Siantar, hetanews.com – Kalangan pecinta dan peduli musik dan budaya daerah yang terhimpun dalam Kelompok Kreativitas Musik Daerah (KKMD), menggelar Batak Fiesta II 2017, di tiga daerah, yaitu, Medan, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Tobasa (Balige).

Tak tanggung, total hadiah Rp 100 juta disiapkan panitia untuk peserta pemenang sayembara, seperti festival band akustik dan lomba nyanyi lagu lagu Batak.

Disamping itu, pagelaran untuk melanjutkan kesuksesan Batak Fiesta I yang diselenggarakan 2012 silam.

Ketua Panitia Batak Fiesta II, Badikenita Putri Sitepu menyatakan, pelaksanaan Batak Fiesta II akan dilangsungkan sesuai agenda lomba di daerah, hingga 2018.

Seperti untuk pelaksanaan di wilayah Tapanuli atau Toba, bertempat di Pantai Bulbul Balige, pada 14 Februari 2018. Wilayah Simalungun, Karo dan Dairi, diadakan di Parapat, pada 16 Februari 2018 dan final sebagai puncak acara, pada 18 Maret 2018, di Medan.

“Gebyar musik Batak berupa Batak Fiesta II ini memang akan berlangsung mulai Februari 2018 mendatang. Tapi seleksi dan inventarisasi peserta dari kalangan pebakat musik akustik, peminat cipta lagu dan pelaku grup band, sudah kita mulai sekarang,” ujarnya.

Salah satu tujuan pagelaran untuk mencari sekaligus menjadi motivasi musisi yang belum memiliki kesempatan. “Karena tujuan Batak Fiesta ini memang untuk mencari dan membangkitkan bakat dan gairah musisi daerah yang handal, mengikuti perkembangan zaman, khususnya dibidang musik akustik daerah,” ujar Puteri saat temu pers, di Kota Siantar.

Temu pers kali ini, merupakan lanjutan dari agenda sosialisasi pra seleksi peserta dari beberapa daerah.

Dijelaskan, sesi festival band akustik akan menampilkan peserta menyanyikan dua lagu, yaitu satu lagu hasil ciptaan sendiri (orisinal non plagiat) dan satu lagi lagu pilihan (arransemen) diantara lagu – lagu yang disiapkan panitia.

Kemudian, sesi lomba cipta lagu Batak adalah judul atau lirik yang merupakan pruduk ciptaan baru dengan thema ditentukan sendiri oleh peserta.

Sesi utama festival ini akan berlangsung di tiga daerah yakni, Balige, Parapat dan Medan.

Selain ajang lomba karya dan kreasi dikalangan peminat musik dan pencipta seni, khususnya daerah Batak, festival ini juga akan menjadi ajang hiburan publik bagi masyarakat luas, khususnya warga ketiga daerah tersebut.

Diakhir, panitia juga mengharapkan Batak Fiesta II menjadi ajang eksebisi bagi beberapa grup musik lain yang akan menampilkan tarian tradisional thema orisional maupun modern (tari kreasi) yang dipandu dua penari (dancer) tradisional, satu grup home band, dan musisi akustik senior dari Medan maupun Jakarta.

Penulis: BT. Editor: gun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search